Sunday, July 26, 2020

INNER CHILD


BATIN ANAK

Pernahkah kita membiarkan ada momen-momen tertentu di mana kita tidak bisa mengendalikan diri kita? Tidak bisa mengendalikan log kita? Dan tidak bisa menjelaskan dengan benar tentang perasaan kita saat ini? Pernahkah tidak kita kembali? Jika pernah ... SELAMAT berarti Anda sedang dalam proses mengenali diri Anda lebih dalam ...

Emosi yang kita rasakan dan dibahas bisa dipikirkan oleh sesuatu yang ada di dalam diri kita dan ikut tumbuh bersama kita. Sesuatu ITU Adalah Sosok Kecil kitd ( batin anak ). Sosok kecil kita ini memengaruhi kepribadian kita saat ini. Anak batin merupakan sisi terdalam seseorang yang terbentuk dari kenangan dimasa kecilnya.

Bagaimana Inner Child ini terbentuk?
Inner child kita terbentuk karena interaksi secara langsung dengan orang lain misalnya keluarga, teman dan lingkugan masyarakat. di dalam interaksi tersebut banyak hal yang terjadi pada diri kita baik itu pengalaman menyenangkang atau tidak, yang kita alami saat kita kecil dulu. Inner child ini tidak selamanya negatif tergantung dari kenangan masa lalu yang berkesan hingga saat ini.

Dampak yang di timbulkan Inner Child ?
dampak negatif yang ditimbulkan adalah kita akan sulit menjalin hubungan dengan orang-orang di sekitar kita. kita akan lebih tertutup, lebih memilih untuk memendam emosi, cepat tersinggung dan mudah marah. kemudian yang akan menjadi sasaran pelampiasan kemarahan ini adalah orang-orang terdekat kita misalnya sahabat, pacar, suami atau istri bahkan anak. Sehingga tak jarang akan mempengaruhi kualitas kerja dan pertemanan kita. namun sisi positif dari inner child ini adalah kita bisa merasa bahagia, hidup terasa lebih tenang, mudah menjalin hubungan dengan orang lain dan lebih produktif dalam bekerja.

Cara berdamai dengan Inner Child kita ?
ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk berdamai dengan inner child kita.
·         Menyadari Inner Child di dalan diri kita.
·         Meditasi.
·     Cobalah mengingat kenangan-kenangan dimasa lalu yang membekas hingga saat ini.
·       Menjalin komunikasi dengan Inner Child kita.

·       Coba berdamai dengan Inner Child dengan cara merangkul rasa Marah, Sedih, dan Kecewa yang kita rasakan dengan memeluk diri sendiri sambil mengucapkan kalimat yang menenangkan dan suportif contoh:
    1. Tidak apa-apa, Kamu tidak salah.
    2. Kamu tidak perlu malu dan merasa kecewa.
    3. Semua yang telah terjadi bukanlah sepenuhnya atas kesalahanmu dan juga bukan sepenuhnya menjadi tanggung jawabmu.
    4. Maafkan saya karena telah mengabaikan mu.
    5. Saya menyayangimu dan saya akan ada untukmu.
  • Mencari bantuan profesional, konselor atau psikiater.

Tak banyak dari kita yang menyadari kehadiran sosok kecil di dalam diri kita. kita terkadang cenderung mengabaikan dan mengatakan bahwa kita baik-baik saja, namun sebenarnya kita sedang tidak baik-baik saja. Kadang kita malu untuk becerita dan mengekspresikan emosi yang kita rasakan dan lebih memilih untuk memendamnya sendiri. Kita mungkin sering mendengar istilah “It’s okay to be Not Okay” kita tidak mesti selalu terlihat baik dihadapan semua orang. terkadang kita juga perlu sesekali mengeluarkan emosi yang kita rasakan.

Itulah Tadi Sedikit Mengenai batin anak , Sosok Kepribadian Kecil Yang ADA Didalam Diri kitd. semoga dengan menbaca tulisan ini kita bisa mengenal anak batin kita lebih dalam. Mohon maaf jika ada banyak kekeliruan di dalam penyajian dan menerima.
Selamat membaca dan terimakasih telah membaca.

No comments:

Post a Comment

MENGENAL LEBIH DALAM ANAK DENGAN KEBUTUHAN KHUSUS.

Kita mungkin sudah tak asing dengan istilah anak berkebutuhan khusus, saat mendengar istilah ini akan tergambar anak-anak dengan berbagai ma...